Sabtu, 15-12-2018 09:54 PM

Danpuspomad: Semangat kemanunggalan TNI dan rakyat sebagai pendorong dalam pengabdian

Pen Puspomad

Jakarta. Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat adalah untuk mengenang perjuangan personil Korps Infanteri TNI AD yang dipimpin Jenderal Besar Soedirman bersama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) merebut Ambarawa dari genggaman Penjajah. Peristiwa Palagan Ambarawa merupakan sejarah bangsa Indonesia yang menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat melawan kekuatan kolonial Belanda. Demikian diungkapkan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Komandan Puspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto pada upacara peringatan Hari Juang Kartika (HJK) 2018, di Lapangan Upacara Puspomad  Jalan Medan Merdeka Timur 17 Jakarta Pusat, Sabtu (15/12/2018).


Kasad mengajak TNI AD mempertahankan kemanunggalan bersama rakyat dalam menghadapi masa depan yang kompleks dan dinamis. Sesuai tema yang diusung dalam peringatan HJK yakni, “TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat”,  sangat tepat menjadi sebuah representasi untuk memegang amanat rakyat.


“Penghormatan dan penghargaan yang tinggi juga kami sampaikan kepada para sesepuh dan senior baik yang dapat hadir maupun tidak, atas nama pribadi dan prajurit TNI saya mengucapkan selamat Hari Juang Kartika dan Dirgahayu TNI AD,” ujar Danpuspomad.


“Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan, serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” tegas Jenderal TNI Andika Perkasa.


Pada akhir amanat, Kasad berpesan bahwa sebagai generasi penerus, wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat tersebut sebagai pendorong pengabdian bersama dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks serta dinamis.


Dalam upacara tersebut, juga dihadiri oleh Wadanpuspomad Brigjen TNI Wahyu Sapto Nugroho, S.H. , para pejabat teras, prajurit dan PNS Puspomad. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Kabaglat Puspomad Letnan Kolonel Cpm Laksono. 



 
96

© 2019 PUSPOM TNI-AD