Rabu, 18-04-2018 04:13 PM

GELAR OPERASI GAKTIB DAN YUSTISI KEPOLISIAN MILITER 2018

Penpuspomad

       

          Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam amanat tertulis yang dibacakan Komandan POM TNI Mayjen TNI Dedy Iswanto mengatakan bahwa, upaya penegakan hukum dan disiplin prajurit menempati posisi yang sangat penting dan positif sebagai keteguhan sikap serta perilaku prajurit TNI, yang dilandasi dengan tekad untuk patuh kepada hukum dan disiplin prajurit, dan meniadakan segala bentuk pelanggaran prajurit.

 

Dikatakan, bahwa berdasarkan data laporan Operasi Gaktib dan Yustisi Polisi Militer tahun 2017 dibandingkan tahun 2016 masih adanya kenaikan terhadap kasus tertentu yang menonjol diantaranya tindak pidana desersi, penyalahgunaan wewenang dan penganiayaan. “Namun ada hal-hal positif dengan menurunnya kasus seperti narkotika, penyalahgunaan Senpi dan perkelahian TNI, Polri dan masyarakat. Hal ini yang menjadi pertimbangan TNI untuk tetap melanjutkan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi”.

         Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2018 dilaksanakan terpusat di Lapangan M. Silam, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) (1/2-2018), Apel gabungan POM TNI yang dipimpin Komandan Polisi Militer TNI Mayjen TNI Dedy Iswanto ini, juga dihadiri pejabat dilingkungan Mabes TNI, Kemhan dan Mabes AD, AL dan AU. Demikian juga hadir, para Danpuspom Angkatan yaitu Danpuspomad Mayjen TNI Rudi Yulianto, Danpuspomal Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suardana serta Danpuspomau Marsma TNI R. Agung Handoko, S.H. Apel gabungan Polisi Militer TNI ini diselenggarakan dalam rangka operasi penegakan ketertiban dan operasi yustisi 2018, dilaksanakan dalam kondisi cuaca yang mendung namun tetap memberikan semangat para prajurit POM TNI yang berdiri tegak di Lapangan Mako Kolinlamil tersebut.

Dengan tema "Dengan Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi Tahun 2018, Polisi Militer Berkomitmen Meningkatkan Disiplin, Ketaatan Hukum, Dedikasi dan Loyalitas Prajurit dalam rangka Menjaga Netralitas Untuk Mendukung Tugas Pokok TNI", apel gabungan jajaran Polisi Militer TNI ini juga bertekad mensukseskan netralitas TNI dalam Pilkada Serentak 2018.

 

          Sebagai tanda dimulainya operasi Gaktib dan Yustisi Tahun 2018, Danpom TNI menyematkan tanda kepada perwakilan Pom Angkatan serta dilaksanakannya pengucapan Ikrar oleh perwakilan prajurit TNI dari tiga Matra. Dalam gelaran ini pasukan yang terlibat dalam apel gabungan tersebut, terdiri dari Polisi Militer TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Propam POLRI. Yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Laut (PM) Anggiat Mangasi L. Sirait yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Satuan Polisi Militer Komando Armada Barat.

Operasi Gaktib dan Yustisi 2018 adalah operasi yang dilaksanakan guna terciptanya kepatuhan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan TNI, sehingga dapat menekan tingkat pelanggaran dan mencegah timbulnya perbuatan melawan hukum bagi personel TNI dan untuk memberikan citra positif kepada masyarakat bahwa TNI pun concern terhadap penegakan hukum. (penpuspomad)

 
271

© 2018 PUSPOM TNI-AD