Rabu, 30-01-2019 11:29 AM

KOMANDO SEKTOR TIMUR UNIFIL GELAR LATIHAN BERSAMA

Pen puspomad



Pada tanggal 25 Januari 2019, telah terjadi serangan dari kelompok bersenjata terhadap patroli PBB di wilayah Lebanon Selatan, satu prajurit asal Perancis terluka dan dievakuasi menggunaka helikopter. 


Insiden itu merupakan salah satu skenario dalam Latihan Bersama Reserve Integration Exercise (RITEX 01-19) yang diselenggarakan oleh UNIFIL khususnya Komando Sektor Timur. 


Latihan ini merupakan latihan bersama yang menguji mekanisme/prosedur pelaporan, penyebaran informasi, koordinasi antar satuan dan pengendalian operasi yang terintegrasi guna meningkatkan interoperabilitas antar satuan jajaran UNIFIl khususnya pasukan-pasukan reaksi cepat baik yang berada di bawah Komando Markas UNIFIL, di bawah Komando Sektor Timur maupun yang berada di bawah Batalyon jajaran Sektor Timur.


Peserta latihan adalah dari FCR (Force Commander Reserve) asal Perancis sebagai pemukul, SMR (Sector Mobile Reserve) dari Task Force Bravo Indonesia dan BMR (Battalion Mobile Reserve) asal Serbia sebagai pelindung Mako Sektor. Selain itu dilengkapi pula dengan helikopter guna evakuasi medis korban tempur.


SEMPU yang juga bagian dari Komando Sektor Timur diterjunkan untuk mengamankan dan mengendalikan Lalu Lintas di lokasi-lokasi yang menjadi insiden kontak tembak antara FCR dengan kelompok bersenjata sehingga dapat menjamin freedom of movement dari pasukan yang terlibat pertempuran serta mengamankan lalu lintas masyarakat yang berada di sekitar daerah tersebut. Dalam melaksanakan kegiatan ini SEMPU menerjunkan dua Tim dibawah kendali Kapten Laut (PM) Danang yang bergabung bersama pasukan LAF (Lebanese Armed Forces).


Selain itu, markas SEMPU di UNP 7-3 juga menjadi pangkalan aju bagi FCR yang menggelar Posko Lapangan guna pengemdalia Operasi. Kegiatan berjalan tertib, aman dan lancar dan diakhiri dengan AAR (After Action Review) yang diberikan oleh staf G5 dari Sektor Timur.

 
179

© 2019 PUSPOM TNI-AD